Tips Cara Setting Karburator

Peranti yang 1 ini sangatlah vital karena merupakan salah satu bertugas menghasilkan tenaga dari motor tersebut, salah penanganan maka akan sangat berdampak pada performa motor tersebut. Di posting saya kali ini akan berbagi tips cara mensetting karbu yang benar.

Image
Pertama putar baut langsam menggunakan obeng pada karbu ke arah kanan hingga idle motor terasa tinggi, kencangkan/putar ke arah kanan baut setelan angin hingga mentok tarik sekali gas (geber maksudnye) setelah itu kendorkan baut setelan angin perlahan sambil dirasakan (pake feeling gitu) mesin meraung paling konsisten artinya tidak brebet atau nembak2 geber sekali selesai deh

. Untuk mengecek beneratau gaknya setelan bro bisa ngecek lewat keadaan ujung busi kalo item berarti setelan angin kurang dibuka (boros), jika putih pucat berarti setelan terlalu terbuka (keiritan saking pelitnya), warna merah bata pada busi adalah kondisi setelan pas.

Tambahan dari saya kalo setting karbu motor sebaiknya jangan tahan gas pake tangan, apalagi biasanya nyettingnya sambil digeber-geber selesai setting tambah juga digeber2 itu namanya pemerkosaan terhadap mesin. Kalo sayang ama motor kita gak perlu lakukan hal seperti itu,perlu diingat mesin motor baik konvesional maupun beradiator sangat bergantung pendinginan pada hembusan angin pada waktu melaju, tidak seperti mobil yang memiliki ekstra fan pada radiatornya jadi baik diem atau jalan mobil sich cool2 aja. Lama kelamaan komponen mesin cepet aus walaupun tidak terasa dalam jangka waktu pendek, dari pabrikan juga menganjurkan pemanasan motor pada pagi hari tidak lebih dari 2 menit.Yang lebih jengkelkan lagi kalo servis di bengkel waktu nyetting digeber2 bikin naek darah, kan ntuh mekanikkan gak ngerasain beli ntuh motor jadi mana peduli doi.

Sekian posting dari saya semoga bisa membantu ditunggu masukan dan pertanyaan seputar motor, salam peace dan first safety riding.

Iklan
  1. Aku cuman pingn tau gimana cara nya nambh cc mtr prima

  2. motor saya shogun axelo125.klw dibawa jalan tibatiba seperti mau mati itu klw rpm rendah,dirpm tinggi sprtinya ngak ada masalah.terasanya klw lambat ada kita jalan sprti dijalan rusak saja.thanks solusinya

    • mungkin setelan putaran stasionaernya terlalu kecil, coba diperbesar. kalau masih ada masalah bisa juga karena pilot jet dan nosel utama tersumbat kotoran, coba bersihin karburatornya

    • Medion
    • Maret 3rd, 2013

    saya punya beat masih baru tp start pertamanya ko lambatya gmna tuh solusinya, ???

    • lambatnya kaya gimana mas? apakah mbrebet ? tenaga kurang ? soalnya kalau kata saya beat standar startnya termasuk lumayan cepat kalau di banding mio standar

  3. sya ingin tw bgaimana cra mnambah cc pd mtr supra x,dgn tnpa d boure up

    • kalau nga di bore up jalan satu2 nya stroke up (menaikkan panjang langkah pada silinder motor)

  4. sory gan w mau nanya nih,,,motor w beat kenapa pas di gas itu ga langsung narik ngeden dlu gtu,,,trus kenalpot habis kenceng di kendorin nembak2….

  5. Kalau di setting ap akan bertambah kencang

    • bertambah tp ngak akan kerasa signifikan, tp kalau udh di setting kan campuran bahan bakar + udara nya pas, jd pembakarannya sempurna, tenaga keluarnya maksimal & bahan bakar akan irit krn ga usah bka gas dalem2 buat jalanin tu motor

    • eko prasetyo
    • September 18th, 2013

    Motor saya beat ’10
    Habis servis dari bengkel jd ga enak,kalo dipake ±jarak 5km/mesin udh panas pas los gas trs di gas lg kok rasanya kaya bensinya telat alias Ъќ>:/ lari malah kaya di rem,di gas pol apa lg,sama aja Ъќ>:/ mau lari.
    Masalahnya pada apanya Ўɑaª˚˚ªa mas?
    Terimakasih

    • kayanya klo itu dari setelan angin di karbu nya bro… klo gas nya di tutup suka bunyi meletup ga?

    • itu biasanya pada setelan karburatornya mas, sekrup campuran bahan bakar dan udaranya di perbesar mas

    • jaka
    • November 16th, 2013

    sory brow gue mau nanya mtor gue kan honda astrea , pengen bnget cara nyetel karburator biar tambah performanya

    • motornya msh standaran ga?? klo masih standar setel ulang setelan anginnya aja, caranya udh ane tulis di artikel ane gan..

  6. Klo shogun 125 r pakai piston thunder bagus nya makai karbu apa bro ?

    • Riski hartono
    • Mei 11th, 2015

    om ane mw tnya nih klo nyeting karbu shogun 125 kan ada 2 baut min ya,nah klo baut min yg ada per’a itu stelan apa ya? trus klo baut min yg gk ada per’a stelan apa ya? tolong info’a om ane masih bingung

    • kalo yang per nya terlihat itu baut pengatur idle mixture (langsam) mas, yang sisanya baut setelan udara

    • upar
    • September 4th, 2015

    gan motor saya shogun 125 SP kalau di slah suka aga macet, kenapa ya

    • roland
    • November 30th, 2015

    gan, mau nanyak nih. motor ane shogun sp 125 thn 2009. masalahnya motor ane suka berubah sendiri stelan langsamnya, trus distel gak bisa-bisa.. sampai stelan langsam dan udara diputar mentok gak dapat stelannya.. tolong solusinya gan.. makasih..

    • Itu saluran udaranya sudah aus, makanya susah buat seting langsam. karbunya di pakein filter udara / open filter?

    • irehngalam
    • Januari 12th, 2016

    Gan motor saya legenda..ketika mesin dingin stasioner rendah kalo mesin udah panas malah tinggi gan stasionernya kira2 apa yg bermasalah??

    • Coba cek komponen pengapian, cek juga tekanan kompresi pada ruang bakar. mesin yang pada saat kondisi dingin memang begitu, bahan bakar masih sulit terbakar, dikarenanan suhu ruang bakar yang belum mendekati suhu optimal pembakaran. nah kalau mesin sudah panas, suhu ruang bakar sudah mendekati / mencaoai suhu ideal pebakaran, sehingga membuat bahan bakar di mesin terbakar sempurna, jadi putara stasioner jadi lebih tinggi. itu normal kok gan, kalau bedanya terlalu jauh, mungkin bisa dari komponen2 yg td sudah disebutkan..

        • amirul pbp
        • April 22nd, 2016

        Bos aliff ..sya mau tahu bagaimna cara untuk setting krburator supaya minyak motornya cermat yaa..

      • alif tu siapa??
        saya Afif, lagian saya juga belum jadi bos hehe (ya semoga aja jd bos).

        kalau untuk nyeting karburator intinya sih campurannya dibuat optimal antara bensin dan udara, ga perlu terlalu kering / basah setelannya, biar tenaga yang dihasilkan optimal, jd ga usah gas dalem2 buat bikin kendaraan kita melaju.

        setingan karburator yang terlalu kering jg bukan berarti irit, malah motor cepat panas dan kurang bertenaga, yang malah menyebabkan kita harus tarik handle gas lebih dalam lagi untuk berakselerasi dengan sepeda motor kita, itu juga bikin sepeda motor tidak irit

        setingan terlalu basah juga kurang baik, malah buang2 bensin, busi cepat hitam dan koit, waktu akselerasi pun malah ndut-ndutan / mbrebet.. itu juga bikin penggunaan bensin sepeda motor jadi kurang efesien

    • irehngalam
    • Januari 12th, 2016

    Gan saya punya legenda. Masalahnya kalau mesin stasionernya rendah kalo mesinnya panas langsung tinggi gan. Kira2 apa yg bermasalah??

    • kalau mesin baru nyala stasioner rendah maksudnya? Itu biasanya karbunya udah bermasalah, kemungkinan jarum idle nya (jarum langsam) udah aus, coba beli repairkit, terus gati jarum langsamnya mas

    • irehngalam
    • Januari 13th, 2016

    Mas saya punya astrea grand…masalahnya kalau mesin dingin gk mau stasioner kalau mesin udah panas bisa stasioner tapi tinggi kira2 apa yg bermasalah?

    • kalau mesin baru nyala stasioner rendah maksudnya? Itu biasanya karbunya udah bermasalah, kemungkinan jarum idle nya (jarum langsam) udah aus, coba beli repairkit, terus gati jarum langsamnya mas

    • yusri
    • April 15th, 2016

    punyaku mio 2012 motor msh standar klo di gas kencang itu gasnya putus-putus kaya khbisan bensin cmn bisanya lari 60kpj
    apa solusinya masbro

    • haekal
    • April 21st, 2017

    Bang gua mau nnya mtr gua legenda dua udh boar up udh 135an saya pke karbu gl 100 nah cara nyetingnya gimna yah

    Pas di bawa ngebut ngenak pas di bawa pelan kya agak tersendat gtu pdhal bb msh banyak,minta solusinya dong bang ??

    • coba cek aja dan setting ulang pilot jetnya.. cek juga businya, kalau warnanya hitam berarti kebasahan setelannya

    • rizal
    • April 23rd, 2017

    bang kalau saya main gas kalo dibawah nya biasa eh pas di taekin gasnya bensinnya kaya Mao abis kenapa ya , kmaren udah di bongkar karena pengen di bersihin eh pas di bersihin malah begitu

    • motornya apa bang? karbunya karbu apa? coba cek setelan ketinggian pelampung, saluran2 bensin nya jg,

    • Karim
    • Juli 20th, 2017

    Gan,mtor saya shogun sp125,kalau gas besar itu nyendat2 gan,gmna ngatasinya….thank

  7. MANTAP GAN, sekedar info aja biat teman teman yang suka dengan otomotif bisa main main ke oto jumbo untuk belajar cara setel karbu grand dan lain lain.terimakasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: