MODEL KNALPOT RACING (2T) PENGARUHI KARAKTER MESIN

Sebelumnya minta Maaf dulu lah sama Senior-Senior yang lebih Fasih tentang permesinan dan mungkin juga sudah pernah membahas hal ini sebelumnya..

Berawal dari keluhan Brade Ninjers di Smsnya, bahwa topspeed Ninja RRnya justru menurun setelah ganti Knalpot Racing dan jetting Karburator mengikuti kebutuhan Mesinya..
Jadi ada baiknya juga untuk mengulas kembali karakter knalpot Racing (2T) dari bentuk / model knalpotnya.. Baiklah mulai dari belakangnya Dulu,

1. Silencer

Bila silencernya panjang dan biasanya diameternya juga agak kecil karakternya bagus untuk RPM menengah sampai atas, semakin panjang silencer akan semakin tinggi juga topspeed yang akan diraih.. Sebaliknya bila silencernya pendek, biasanya diameternya juga agak lebih besar maka karakter silencer ini bagus buat akselerasi atau mantap di RPM bawah sampai menengah saja sedang topspeednya bakalan loyo/ agak tertahan.. Kalo nggak panjang tapi juga gak pendek berarti ya sedang-sedang saja alias Knalpot Harian / tidak signifikan peningkatan performanya..
Oia, biasanya panjang silencer selain diikuti diameter silencernya juga akan seimbang dengan pipa penghubung antara silencer dengan perut Knalpot, semakin panjang silencer akan semakin panjang juga pipa penghubungnya, karena pipa penghubung yang panjang akan memperpanjang Napas Mesin sehingga dapat mengail topspeed yang lebih tinggi.. Begitu juga sebaliknya, jika silencer pendek dan diameternya lebih gede maka pipa penghubung dengan perutnya pun semakin pendek, agar gas lebih cepat terbuang dan segera menghasilkan power sehingga akselerasinya lebih yahud..

2. Perut Knalpot

Perut knalpot yang besar / Gendut akan membuat karakter mesin lebih Dominan pada RPM bawah atau akselerasinya dapat, sebaliknya perut kenalpot yang kecil akan membuat mesin lebih beringas pada putaran menengah keAtas..
Dipasaran Tanah Air banyak sekali beredar Knalpot Racing Racikan Bengkel-Bengkel Ternama yang membuat Knalpot Produknya Berdasarkan Riset-Riset, makanya setiap Produk Knalpot mempunya i karakter yang berbeda-beda..

Kemuudian Bagian terakhir yaitu Pipa Pembuangan dari Blok ke perut Knalpotnya (leher angsa)
– Bila leher angsanya pendek ke perut Knalpot yang Gendut / besar, maka Karakter Mesin yang terbentuk adalah Sadist dan Sangar pada RpM rendah sampai tengah (akselerasinya Maut)
– Bila leher Angsa panjang ke Perut Knalpot yang Gendut maka Karakter mesin Merata dari RPM bawah, menengah hingga Atas (Type kenalpot Harian)
– Leher Angsa Pendek ke Perut Knalpot yang Kecil akan Menghasilkan Karakter Mesin yang Mantap dan Padat dari Putaran Menengah Sampai Top RPM
– Leher Angsa Panjang ke Perut Knalpot yang kecil akan membuat Napas Mesin yang lebih panjang sehingga TopSpeed Maksimal dapat di raih namun Biasanya Akselerasinya kurang Bagus..

Nah, sekarang tinggal Pilih Model / bentuk Knapot Racing yang sesuai Kebutuhan atau spek Mesin Motor Kita..
Sebagai Contoh, apabila Motor (2T) kita speknya Over Bore dan butuh akselerasi Motor yang SADiS atau sering Stop en Go karena tinggal di pemukiman Padat sehingga tidak memungkinkan untuk NYARI TOPSPEED maka keknya model ini yang Cucok..

Tapi ada yang perlu di INGAT Boz, Knalpot model ini Biasanya membuat Mesin Motor RAKUS BBM..

Sedangkan Bila Sampeyan hobi Touring dan Motor (2T) Anda Power Maximalnya di RPm Atas atau tinggal di Daerah (Kek Saya) dan suka dengan TOPSPeeD setinggi-tingginya keknya Model ini Yang Anda Butuhkan..

Jangan Lupa untuk Jetting Ulang Karburatornya Agar PerForma Maximal Knalpot bisa didapat dan Keluar dengan Sempurna..

Semoga Ada Mamfaatnya, dan Mohon Koreksinya bila ada kekurangan…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: