KOREK HARIAN MOTOR HONDA C-series MENGENAL MESIN C-series


Motor Honda jenis C-Series yang memiliki mesin 100cc seperti Astrea Grand, Legenda, Supra, SupraX, Supra Fit, sampai saat ini keluaran terbarunya Revo, FitS dan FitX. Mesin-mesin motor tersebut pada dasarnya sama, namun pada mesin Astrea Grand, Supra, serta SupraX memiliki panjang stang seher yang lebih pendek, rantai sentrik yang lebih pendek dibandingkan motor C-Series yang lain.
Sistem pengapian sudah memakai CDI AC, pada motor C-Series sistem pengapiannya bersifat bolak-balik atau AC. Sumber panghasil api pada motor ini adalah lilitan sepul dan magnet.
Pada motor C-Series kopling masih menganut kopling otomatis tekecuali pada motor SupraXX dan SupraV. Sistem pengereman bagian depan pada motor ini ada yang menggunakan sistem tromol dan ada yang memakai sistem cakram, pada pengereman bagian belakang semua memakai tromol. 

STEP 1 (MEMPERBESAR MUTU API)

Pengapian sangat berperan penting pada mesin motor. Bagian-bagian dari pengapian motor C-Series adalah sepul,magnet,CDI,coil,busi.
Sekarang kita berbicara tentang sumber penghasil api yaitu sepul dan magnet. Kebanyakan orang kurang mengetahui fungsi dari kedua jenis benda ini, untuk itu mari kita bahas fungsi kedua benda ini. Fungsi keduanya adalah sebagai penghasil listrik yang biasa disebut api oleh para mekanik. Kedua benda ini menggunakan sistem induksi magnet untuk menghasilkan api. Cara memodifikasi sepul pun beragam, namun yang cocok untuk kohar adalah dengan menggulung-ulang sepul api. Gunakan kawat tembaga ukuran 0,1 mm, lalu gulung ulang sepul api, banyaknya gulungan sekitar 600-700 lilitan. Sebaiknya menggunakan magnet yang masih normal.
Berlanjut ke CDI yang merupakan otak dari pengapian. CDI sangat rumit untuk dimodifikasi, saran saya membeli CDI aftermarket yang sesuai kebutuhan. CDI-CDI yang dijual di pasaran sudah banyak jenisnya, seperti unlimiter,racing, bahkan programmer. CDI unlimiter merupakan CDI yang tidak membatasi RPM mesin, jadi semau-mau kita menggeber tunggangan. CDI racing merupakan CDI yang memajukan timing pengapian namun tetap dibatasi RPMnya agar mesin awet. CDI Programer merupakan CDI canggih, kita dapat menyeting sendiri derajat pengapiannya serta limit RPM harganya berkisar 800rb-1,2jt.
Coil merupakan pembesar api dari CDI menuju busi, coil juga merupakan lilitan. Banyak Coil aftermarket yang sudah beredar di pasaran. Ada juga pendapat bahwa coil mobil bagus, namun saya menyarankan menggunakan coil asli dari motor SE(special engine ). Memang agak mahal sekitar 600rb-800rb tapi aman untuk keawetan komponen lainnya. Namun masih ada coil aftermarket yang lebih murah dengan merk blue thunder dan yoshimura yang harganya bersahabat, yaitu sekitar 130rb-175rb.
Komponen terakhir pengapian adalah busi. Semua pasti telah mengenal benda ini, tapi tunggu dulu, apakah anda mengenal jelas benda ini??
Untuk performa yang maksimal sebaiknya menggunakan busi racing namun jangan sembarang racing, mari saya pandu dalam memilih busi racing. Jangan pernah menggunakan busi dengan kepala banyak, contohnya kepala dua, tiga, ataupun empat. Carilah busi yang memiliki ujung batang karbon runcing dengan alasan agar api terpusat dan tidak pecah atau menyebar. Contoh busi yang memiliki batang karbon runcing adalah Denso Iridium (95rb) dan NGK Platinum (25rb).

STEP 2 (KNALPOT)

Pembuangan pada motor juga sangat berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan oleh kuda besi kita. Kenaikan yang tenaga yang dihasilkan dengan penggantian knalpot mencapai 0,5 DK atau lebih, tergantung knalpot yang kita gunakan. Untuk itu penggunaan knalpot semi racing ataupun racing sangat berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan. Mengapa saya bilang knalpot semi racing? Karena pada dasarnya knalpot racing yang beredar di pasaran merupakan knalpot yang dibuat dari spek motor standart. Kalau anda ingin mendapatkan knalpot yang benar-benar racing dan sesuai dengan karakter mesin anda, anda harus memesan khusus di tukang-tukang knalpot yang benar-benar sudah mendalami dan terbiasa membuat knalpot untuk race. Saya akan memberi contoh tempat pemesanan knalpot racing seperti 37 jogja, cream pie jogja, mcc solo.
Sekarang saya beri tips ringan dalam memiih knalpot. Untuk anda-anda yang suka touring sebaiknya memilih knalpot dengan ukuran silencer yang panjang dengan tujuan agar dapur pacu alias mesin tidak cepat panas. Dengan silencer panjang RPM mesin anda tidak terlalu dipacu dan anda akan mendapatkan top speed yang maksimal.
Untuk anda yang berada di jalanan yang rapat sebiaknya memakai knalpot dengan silencer yang pendek, dengan tujuan agar akselerasi motor anda menjadi cepat dan anda cepat dapat top speed dibandingkan dengan knalpot bersilencer panjang, namun top speed silencer panjang lebih daripada silencer pendek.
Finally semua keputusan ada di tangan anda mau memilih knalpot dengan silencer pendek atau panjang.

STEP 3 ( SPUYER KARBULATOR)

Karbulator berperan penting dalam komponen mesin, karena karbu merupakan suatu alat yang menyediakan campuran udara dan bensin untuk mendapatkan suatu campuran yang siap untuk dibakar di dapur pacu.
Perbandingan ini pun sangat berarti, karena dapat menentukan tingkat keborosan bensin. Pada mesin 4 tak penggantian knalpot tidak perlu diikuti oleh penggantian spuyer (pilot jet), namun untuk memperoleh hasil yang maksimal penggantian spuyer pun disarankan. Coba anda pikir pengeluaran yang lebih besar tapi tidak diikuti oleh pemasukan yang besar juga? Bisa cepet sakit tu mesin…He3x
Oleh sebab itu sebaiknya anda mengganti dengan pilot jet berukuran 40 yang di jual di pasaran sekitar 20rb, ukuran itu lebih besar 2 angka dibandingkan spuyer standar Honda C-Series yaitu 38.
Penggantian spuyer ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dapur pacu. Pengaruh yang diberikan dengan penggantian spuyer ini motor akan power full, baik akselerasi maupun top speed.

STEP 4 (KAMPAS KOPLING DAN PER KOPLING)

Bagian kopling sangat berpengaruh pada tarikan yang dihasilkan oleh tunggangan kita. Untuk itu agar akselerasi motor lebih baik kita tidak boleh mengabaikan bagian ini. Pada bagian kopling yang berperan dalam menaikkan akselerasi adalah per kopling. Per kopling disarankan yang memiliki kekerasan yang sangat keras, hal ini bertujuan agar motor mendapatkan sentakkan yang maksimal. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mengganjal per kopling dengan ring 10 sebanyak 2 buah/per, namun cara yang lebih mudah adalah dengan mengganti dengan tipe racing yang sudah beredar di pasaran.
Penggantian per kopling dengan tipe yang lebih keras memerlukan penyetaraan kampas kopling yang lebih keras dan tahan lama juga. Untuk itu di sarankan untuk mengganti kampas kopling dengan tipe racing juga, karena dapat mengurangi keausan dan selip kopling.

STEP 5 (NOKEN AS)

Noken as adalah pengatur naik turunnya klep. Noken as punya karakter untuk membuka dan menutup klep in dan klep keluar. Kita perlu tahu karakter dari mesin kita dan apa yang kita inginkan. Bagian atas noken yang biasa disebut lift biasanya merupakan titik acuan dalam membangun suatu motor. Lift rendah (antara 7-8 mm) akan mendapatkan kelangsaman dan tarikan yang lumayan baik, akan sangat baik untuk di bawah 400 meter karena motor cepat mendapatkan puncak kecepatan. Namun lift tinggi (antara 8-9 mm) hanya untuk jarak kita menarik gas di atas 400 meter, karena nafas motor akan menjadi semakin panjang. Cara membuat lift menjadi lebih tinggi adalah dengan memapas bagian bawah dan samping noken as, apabila mau lebih extreme dapat menambah daging lift.
Dalam pemakaian noken yang memiliki lift tinggi harus disesuaikan juga dengan daya tahan per klep yang digunakan, lebih baik apabila memakai per klep motor Kawasaki Kaze, ataupun kalau memiliki dana yang cukup dapat membeli per klep racing bermerk Jepang Product.

STEP 6 (TNGGUNG JAWAB)

Memiliki motor kenceng dibutuhkan tanggung jawab yang besar juga. Motor kenceng tekadang membuat pengendaranya dikendalikan oleh motor. Tanamkan dalam diri anda-anda semua kalau kita tak sendiri dan kita wajib menghormati pengendara lain serta orang lain. Finally meski motor kita kenceng pasti ada yang lebih kenceng lagi. Jaga keselamatan , ingan keluarga di rumah, dan perlu diingat SAFETY FIRST BRO!!!

 
 
    • hari kirana san
    • Februari 14th, 2013

    tolong dibantu pencerahannya. Sy memakai astrea grand ’92. Saat mtr sy udah ngebul dan suara mesin dah kyk mesin diesel. Sy ingin kohar mtr sy. Brp biaya minim yg diperlukan. Apa sj yg diperlukan dilakukan? Sy tggu blsnnya di email sy. Trima kasih.

    • saya balas di sini aja, mening motor anda bore up saja, biar tenaga nambah, bore up menggunakan piston kawasaki kaze, kira2 350 rb, sudah termasuk biaya bongkar, piston set, dan biaya korter, tp saya sarankan anda punya uang lebih kalau motor sudah berisik bunyinya, karena mungkin kerusakannya tidak hanya pada ring piston saja (yg menyebabkan motor ngebul) tp mungkin pd setang piston, atau pada katup motor anda

    • Eko
    • April 30th, 2013

    salam kenal gan, motor saya honda jadul astrea 800 dan saat ini jerohan saya ganti dengan isi grand dan cuman bak kopling sebelah kanan aja yg diganti ama tukangnya dan suara mesinnya sangat kasar, kt montirnya yg bikin suara kasar dari kampas gandanya, yang ingin saya tanyakan:
    “bagaimana cara agar performa mesin nggak kalah dengan motor keluaran terbaru (pinginnya………..) dan suara mesin bs sehalus motor keluaran terbaru ……….? (bagaimana kalau pistonnya diganti dengan piston kwasaki blitz joy R oversize 50)”
    mohon infonya gan untuk korek harian honda jadul astrea 800 saya, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    • brisiknya dari bak kopling / blok silinder? klo suaranya kasar banget, itu mekaniknya yg ga bener ngebubutnya + masang komponennya, buktinya mtor sodara sya supra bore up + stroke up + ganti noken as suaranya gak terlalu kasar…

      blok silindernya msh pke astea 800, ato udh blok grand? klo astrea 800 pake piston blitz joy mh harus geser baut tanam & ganti liner, klo bloknya grand mh tinggal korter aja, trus pasang tuh piston, langsung pasang soalnya diameter pin pistonnya sama (13mm)

        • sandi handoyo
        • Mei 31st, 2013

        Mohon dibantu gan,klo mtor legenda bore up piston 58/60mm harus geser baut tanem ga

      • klo motor legenda bore up 58/60, itu harus geser baut tanamnya gan, soalnya liner di ganti dan liner untuk piston 58 mm tidak bisa di pasang kalau baut tanam tidak digeser

    • Muhammad fadli
    • Juni 4th, 2013

    Saya mau nanya nih gimana cara ngatasin oli yang selalu bocor dari mesin,suara mesin kasar ga karuan,
    tenaga ilang ,
    di tunggu sarannya mas broo,,
    terimakasih..

    • di cek dulu bocornya dari area mana, kalau bocor dari sambungan bak kopling dengan crankcase, coba ganti paking bak koplingnya, tapi kalau bocor dari crankcasenya, harus hati2 tuh gan, takutnya terdapat keretakan di crankcase, dan memperbaikinya harus di las.

      suara mesin kasar bisa dari oli yg berkurang karena bocor tadi, pelumasan jadi berkurang, komponen2 yang bergesekan pun kurang mendapat pelumasan sehingga suaranya bising, coba perbaiki dulu kebocoran oli yang tadi.

      tenaga ilangnya saat mesin panas/dingin? kalau saat mesin panas, kemungkinan karena olinya sedikit, piston dan liner silinder memuai dan menyebabkan seret yang mengakibatkan tenaga terbuang karena seret pada piston tadi, jadi tenaga yang dihasilkan jadi berkurang.

        • mukliz
        • Juli 18th, 2013

        gan saya mau tanya saya punya h0ndo grand taun 99. . Mau pakai seker blizt joy std apa harus pindah baut tanam . . . ?? Info. Tlng kirim info 085784613365

      • harus gan, karena baut tanam mesin c100 cuma bisa untuk piston sampai dengan 54 mm, ukuran piston di atas itu harus menggeser baut tanam karena harus menggunakan boring yang ukurannya lebih besar (blitz joy termasuk karena ukuran pistonnya 56 mm)

      • kalau pake seher blitz joy oz 0 (uk 56 mm) harus geser baut tanam dan ganti liner / boring silinder

    • david
    • Oktober 6th, 2014

    gan mohon bantuannya ,motor honda 800 kalau mau diganti piston punya jupiter atau kaze r yg over size apa bisa?
    kalau bisa apa saja yang harus dirubah gan ?
    trm kasih

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: