Track T800CDi, Motor Diesel Dibanderol Rp 232 Jutaan

Sepeda motor bermesin diesel memang masih jarang beredar, bahkan hanya segelintir yang berani memasarkannya. Salah satunya adalah motor berjuluk Track T800CDi Diesel ini.

Dibuat di Belanda, motor ini sudah mulai dipasarkan di beberapa negara di Eropa seperti Inggris. Di Inggris misalnya, motor ini dijual 15,995 Poundsterling, atau setara dengan Rp 232 jutaan.

Apa sih keunggulannya? Yuk intip spesifikasinya. Mesin diesel yang digunakan diambil dari Daimler-Benz. Kapasitas ruang bakanya 800 cc, merupakan mesin yang sama seperti yang digunakan pada Smart Fortwo diesel.

Konfigurasinya 3 silinder segaris dan dilengkapi dengan turbo yang disetting 1,25 bar. Dengan kompresi tinggi hingga 1:18, diraih tenaga 45 hp di putaran mesin hanya 4.500 rpm. Torsinya juga besar khas mesin diesel, mencapai 100 Nm di putaran mesin flat dari 1.800 sampai 4.500 rpm.

Torsi besar memang cocoknya jadi motor penjelajah. Trail atau sepeda motor adventure yang kerap melibas trek ekstreem, umumnya butuh torsi besar.

Tak heran bila akhirnya mesin ini dipasangkan di rangka turbular dari chromium molybdenum bergaya penjelajah. Sokbraker depannya pakai WP tipe upside down berdiameter 48 mm. Yang belakang juga pakai merek serupa.

Rodanya pun serupa motor trail, depan berdiameter 21 inci dan belakang 17 inci. Sedang desain bodinya mengingatkan kita pada BMW R 1200 GS atau Yamaha Super Tenere.

Oiya, salah satu keunggulan mesin diesel adalah konsumsi bahan bakarnya yang hemat, begitu juga dengan motor ini. Klaimnya bisa 1 liter/21 km untuk berjalan di medan off road, dan 1 liter/30 saat melibas jalanan aspal. (motorplus-online.com)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: