Altius 670 Motor Diesel Berbasis Kawasaki KLR650

Motor berbahan bakar diesel kembali dibuat. Sebelumnya ada motor buatan Hayes Diversified Technologies (HDT), kini ada Altius Automotive Technologies (AAT) yang mengembangkan teknologi serupa.

Kalau HDT membuat sepeda motor armada militer Amerika Serikat, AAT membuat sepeda motor diesel Altius 670 berbasis Kawasaki KLR650. Secara desain masih terlihat seperti motor standar, tapi mesinnya sudah dimodifikasi agar bisa bekerja dengan bahan bakar diesel.

Mesin diesel pada motor ini hanya mampu mengahsilkan tenaga 33 bhp. Tetapi tentunya torsi yang dihasilkan akan sangat besar sehingga kendaraan ini diklaim akan sangat berguna di medan off road.

Untuk militer pun dipastikan lebih simpel, karena dengan motor berbahan bakar diesel tidak perlu membawa dua jenis bahan bakar selama aktifitas perperangan. Setidaknya solar yang digunakan akan sama dengan tank dan truk yang digunakan militer.

Selain itu di daerah pedesaan, motor ini juga bisa diandalkan dimana peralatan pertanian umumnya menggunakan bahan bakar solar. Seperti truk hingga alat pembajak menggunakan mesin diesel.

Sayangnya belum kepastian kapan akan segera diproduksi masal. Dan tidak ada kejelasan soal emisi. Enggak mau kan naik motor dengan asap mengepul layaknya Metromini? (motorplus-online.com)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: