Permasalahan Pada Karburator dan Cara Settingnya

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan memposting artikel pada kategori sepeda motor, maklum selain hobby ngeBlog saya juga hobby yg namanya ngotak-ngatik motor si ipit(honda fit s) ksyanganku(krena g punya mtor laen),hehe..,

Artikel ini saya tulis dari pengalaman pribadi dan dari tanya-tanya ke para mekanik bengkel, klo pas motor saya lagi servis, he..he..

Langsung saja, saya akan coba membahas mengenai permasalahan karburator pada kendaraan roda dua (motor) dan cara settingnya,

Tugas utama karburator adalah mengkarburasi/mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2 ). Kira-kira dengan perbandingan AFR (Air Fuel Ratio) dengan range perbandingan massa BB : O2(udara) adalah 1 : 13-15.

Perbandingan massa bahan bakar dan udara dapat berbeda pada setiap daerah maupun kendaraan, dikarenan kondisi mesin & linkungan juga ikut mempengaruhi settingan campuran bahan bakar dan udara, contoh sederhananya ketika malam hari saat udara dingin dan ketika siang hari saat udara panas performa kendaraan kita akan terasa berbeda.

Contohnya :

* Kompresi makin tinggi mesin akan semakin panas, Berarti butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.

* Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi, campuran BB akan terkontaminasi air, sehingga campuran makin miskin, BERARTI bensin harus lebih banyak.

* Suhu lingkungan rendah, suhu kerja mesin turun, BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.

* Knalpot bobokan (Free flow), rpm akan makin tinggi sehingga suhu mesin akan meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg berpengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Setting Karbu :

Karbu punya 2 spuyer :
Satu buah main jet yg berperan meyalurkan Bahan Bakar saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas,
Satu buah pilot jet yang berperan menyalurkan Bahan Bakar dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh dan rpm mesin yg sudah tinggi.
Tips yang amat simpel nyetting main jet dan pilot jet.
Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal, Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main jet memang kurang dan harus di naikan angkanya.
Coba naikan 5 angka dulu dari angka standar pabrikan. Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kenaikan itu sudah cukup tinggi.
Sebaliknya, jika saat diGas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas.

Sementara untuk setelan pilot jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika motor susah hidup atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot jet perlu dinaikan,”
Cara menaikan juga bertahap, Sama kayak kenaikan main jet. Setiap kenaikan pilot dan main jet tiap mesin berbeda tergantung jenis karburator, Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main jet motor enggak pernah sampai 10.

Hal lain yg berpengaruh dengan settingan termasuk :
Ukuran Venturi karbu,
Jarum skep,
Stelan angin,
Power jet.

Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat sehingg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya supaya campuran bisa pas.
Terus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya harus tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:

1. “Ngempos” adalah gejala mesin seperti kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

2. “Mberebet” adalah gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cuma tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Permasalahan

1. Trouble Pilot Jet

Nah berikut permasalahan yg sering terjadi karena masalah pilot jet :

* Motor kalau pagi susah hidup karena begitu gas dibuka ngempos terus mati, ya berarti naekin pilot jet.

* Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet

* Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet

* Motor brebet di putaran bawah tapi enak di putaran atas berarti pilot jet kebesaran.

* Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos, suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.

2. Trouble Main Jet

Lalu untuk permasalahan mainjet :

* Motor dibawa kebut2 an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul, BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis, maka main jet minta naik.

* Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.

* Motor ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin sangat tinggi saat putaran atas, maka main jet minta naik.

* Motor Brebet di putaran atas saja berarti main jet minta turun

Kesimpulannya, jika motor Brebet di putaran atas berarti main jet harus turun, jika motor suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

Iklan
  1. thanks bgt ya mas, infonya berguna bgt buat bikin laporan PKL, :D..

    • hendi saputra
    • Desember 6th, 2012

    gan kalo gas nya di tarik tapi tarikan gasnya putus putus berarti itu apa yg salah?
    tolong komfirmasinya ya gan ane ada mtr supra fiit tarikan gasnya putus putus…

    • coba bersihin dulu karburatornya, kalo masih tetep, coba cek barangkali ada kebocoran di intake manifold / gasket di karbu

    • yoga
    • Februari 27th, 2013

    thanks mas infonya kbetulan mtor sya sdang ngalamin gangguan karbu…

    • adnan
    • Juli 1st, 2013

    klo gas ditarik pada putaran atas n pada saat gas ditarik hampir full, motor tiba2 kehilangan tenaga alias kosong, malah motor terasa mundur. tp kalo diurut tenaga motor naik terus

    • itu mah setelannya kebasahan mas, main jet nya terlalu besar, coba turunin 1 step dulu main jet nya lalu seting anginnya lagu, kalau masih kerasa brebet turunin lagi main jetnya

  2. permasalahan motor kurang power, padahal digas full suara mesin terdengar normal…dan ada sedikit suara klep….apa harus disetting klep atau apa yah..mohon bantuanya tks

    • ilham
    • Januari 4th, 2016

    sy mau tanya kalo gas di tarik setengah lalu tiba2 langsung mati, itu knp yacht?

    tks

    • Kalau kaya gitu biasanya bensin kebanyakan / bensin tidak terbakar. bisa jadi dari komponen pengapian kurang bagus, cek busi, koill dan cdi nya. kemungkinan juga dari karburatornya, bisa terjadi campuran bahan bakar & bensin yang tidak sesuai kebutuhan mesin / saluran nozzle pada karburator sudah aus.

  3. Mau tanya Gan, kalo motor saat saya gass, nah sampei kecepatan mau 80 mau mogok brebet dan gass paling mentopk 70.. itu mengapa ya gan..

    • coba setel ulang karbunya gan, itu setelannya mungkin kurang pas, motornya udah open filter / masih pake filter gan?

  4. sangat bermanfaat bagi yg awam mslh permesinan spt saya hehe..
    btw klo terjadi brebet pada rpm tinggi saat baru akselerasi itu kemungkinan kenapa ya?
    FYI pada saat setting angin-angin tidal menemukan kondisi teriakan mesin yg paling tinggi..apa udah error ya karbu ane? tks buat pencerahannya

    • ya gan, saya cuma pingin sharing ilmu yang saya punya hehe
      coba dicek juga kondisi elektroda businya, kalau brebet di rpm tinggi biasanya Main Jet kebesaran gan..

    • lutfan
    • Juli 16th, 2016

    mau tanya motor saya spin seher thunder os50 pake karbu rx king .. knapa ya saat di bawa 5km motor sperti hilang tenaga,di gas ngempos teteapi mesin masih menyala .. Thnks atas jwabannya 🙂

    • itu karbu rx king nya di jetting dulu ga sebelum dipakai? atau langsung di pake tanpa rubah PJ dan MJ? sepertinya itu setelan karbunya kebasahan

  5. maaf om mau nanya, klo motor harus dinaekin trus chuck’a baru mau jalan, tpi klo diturunin malah mati. knp ya itu om ?

  6. maaf om mau nanya, klo motor dibawa jalan harus dinaekin terus chuck’a, klo diturnin malah mati. knp ya kira2 om ?

  7. knpa ya motor sya habis turun mesin malah gak ada tarikannya.motor supra fit

    • edi
    • Februari 21st, 2017

    Kalo di tanjakan rx king saya gak kuat alias langsung mati , kopling ny kalo di tekan malah ngegas , dan suara nya kependam gitu … Knp ya mas ?

    • bisa banyak penyebabnya mas, kalau gak kuat nanjak coba cek karbu dan intake nya.. karbunya lokal apa ori mas?
      kalau kopling ditekan engga bebas kemungkinan bisa dari stut koplingnya yg udah jelek.. masalah kopling rx king biasanya emang gitu, kecuali yg tahun muda
      suaranya bisa kemungkinan dari setelan karbu yg kurang pas

    • Ahmad
    • April 5th, 2017

    Gan motor saya supra 125, cdi udah racing, spuyer udah di naikin 1 step, main jet 78 pilot jet 38, tapi pas baru gas di buka kaya mau mati/mendet mendet gan itu knpa yah?

    • cui
    • April 6th, 2017

    Bang mau tanya ane punya mtr mx thn 2008, knpa yh saat baru jalan langsung tancap gas kok gak ada tenaganya kayak tenaganya tertahan gtu?

    • Kampret
    • April 28th, 2017

    Motor saya habis turun mesin terus noken dipapas, skipe karbu dibesarkan, pas buat jalan ,terus gas diturunkan bunyi nglitik apanya ya gan?

    • coba stel ulang celah klep nya gan.. itu kemungkinan efek noken as di papas, pemapasannya kurang bagus..

    • indra
    • Juli 2nd, 2017

    Pembakaran dari busi udah merah bata, tapi kalo siang hari knocking dan putaran bawah gamau langsung teriak. Kira-kira permasalah ada dimana ya.?

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: