Permasalahan Pada Karburator dan Cara Settingnya

Kali ini saya akan memposting artikel pada kategori sepeda motor, maklum selain hobby ngeBlog saya juga hobby yg namanya ngotak-ngatik motor si ipit(honda fit s) ksyanganku(krena g punya mtor laen),hehe..,

Artikel ini saya tulis dari pengalaman pribadi dan dari tanya-tanya ke para mekanik bengkel, klo pas motor saya lagi servis, he..he..

Oke lngsung saja, saya akan coba membahas mengenai permasalahan karburator pada kendaraan roda dua (motor) dan cara settingnya,

Tugas utama karburator adalah mencampur Bahan Bakar (BB) + Udara (O2 ). Kira-kira dengan perbandingan range nya BB : O2(udara) adalah 1 : 13-15. Pokoknya gmn caranya biar mesin dapet suplai campuran segitu.
Kenapa pake range, padahal teori di buku2 pembakaran ideal itu 1 : 14?
Jawabannya adalah Karena kondisi mesin & linkungan mempengaruhi settingan campuran BB : O2.

Contohnya :

* Kompresi makin tinggi mesin akan semakin panas, Berarti butuh suplai BB lebih banyak biar mesin gak jebol.

* Humidity (kelembaban) lingkungan makin tinggi, campuran BB akan terkontaminasi air, sehingga campuran makin miskin, BERARTI bensin harus lebih banyak.

* Suhu lingkungan rendah, suhu kerja mesin turun, BERARTI bensin harus dikurangi agar suhu kerja mesin jadi ideal.

* Knalpot bobokan (Free flow), rpm akan makin tinggi sehingga suhu mesin akan meningkat BERARTI butuh BB makin tinggi.
Dan masih banyak lagi parameter yg harus diperhatiin termasuk desain lubang masuk pada blok yg berpengaruh dg settingan spuyer sebagai penyalur BB.
Itu teori dasarnya.

Setting Karbu :

Karbu punya 2 spuyer :
Satu buah main jet yg berperan meyalurkan Bahan Bakar saat bukaan gas sekitar setengah putaran keatas,
Satu buah pilot jet yang berperan menyalurkan Bahan Bakar dari putaran gas 0 derajat sampe penuh, cm efek dari pilot jet ini bisa dikatakan tidak terlalu signifikan pada bukaan gas penuh dan rpm mesin yg sudah tinggi.
Tips yang amat simpel nyetting main jet dan pilot jet.
Lakukan penyetelan gas dan angin secara maksimal, Jika teriakan mesin pada setelan gas tertinggi kurang njerit, berarti main jet memang kurang dan harus di naikan angkanya.
Coba naikan 5 angka dulu dari angka standar pabrikan. Setelah itu, coba tarik gas. Jika pada gas tinggi tampak kayak ada kosong, alias ada jeda pada pasokan bensin. “Itu main-jet masih kurang. Bisa naikan satu step lagi, atau jadi 7 atau 7,5 angka. Biasanya, untuk kenaikan itu sudah cukup tinggi.
Sebaliknya, jika saat diGas malah terasa mbrebet di putaran atas. Itu artinya, kenaikan main jet yang dilakukan terlalu besar dan harus diturunin. Selain mbrebet, setelan main kegedean juga berdampak bensin boros. Bensin terbuang dan nggak terbakar maksimal. Bisa dilihat di busi. Kalau cepat sekali hitam, berarti setelan kegedean pas.

Sementara untuk setelan pilot jet, gejalanya juga dideteksi dengan beberapa hal. Gejala pertama, jika motor susah hidup atau setelah hidup, tapi pada putaran bawah tampak seperti ada kosongnya. Kayak bensin enggak jalan. Itu artinya pilot jet perlu dinaikan,”
Cara menaikan juga bertahap, Sama kayak kenaikan main jet. Setiap kenaikan pilot dan main jet tiap mesin berbeda tergantung jenis karburator, Tapi dari pengalaman, setingan pilot dan main jet motor enggak pernah sampai 10.

Hal lain yg berpengaruh dengan settingan termasuk :
Ukuran Venturi karbu,
Jarum skep,
Stelan angin,
Power jet.

Venturi karbu makin besar maka makin banyak udara yg lewat sehingg butuh spuyer lebih besar baik pilot atau main jetnya supaya campuran bisa pas.
Terus kapan kita membesarkan ato mengecilkan spuyer2 tadi?
Sebelumnya harus tahu dulu gejala2 mesin saat kekurangan BB dan kebanyakan BB:

1. “Ngempos” adalah gejala mesin seperti kehilangan tenaga yg disebabkan kekurangan BB

2. “Mberebet” adalah gejala mesin yg sebenernya dirasa padat cuma tenaga seperti tertahan dan kadang dibarengi dengan suara benturan logam kalo settingannya terlalu basah.
Berarti kl NGEMPOS mesin butuh BB, kl BREBET mesin kebanyakan BB.

Permasalahan

1. Trouble Pilot Jet

Nah berikut permasalahan yg sering terjadi karena masalah pilot jet :

* Motor kalau pagi susah hidup karena begitu gas dibuka ngempos terus mati, ya berarti naekin pilot jet.

* Motor dah jalan tapi sering tiba2 kehilangan tenaga saat putaran gas N putaran rendah berarti naekin pilot jet

* Motor sering over heat saat jalan pelan berarti minta naek pilot jet

* Motor brebet di putaran bawah tapi enak di putaran atas berarti pilot jet kebesaran.

* Motor gak pake di cuk kl pagi N bisa langsung start
(ini jg gak normal) berarti pilot hrs turun.

Kesimpulannya, kl ada gejala ngempos, suhu tinggi diputaran yg relatif rendah maka minta naek pilot jet, N kl ada gejala brebet di put rendah jg maka pilot hrs turun.

2. Trouble Main Jet

Trus tuk permasalahan mainjet :

* Motor dibawa kebut2 an sampe putaran atas trus begitu finish jalan pelan2 jadi ngempos dibarengi asep ngebul, BERARTI suhu saat putaran tinggi meningkat drastis, maka main jet minta naik.

* Nafas motor di putaran atas terlalu panjang berarti mainjet minta naik.

* Motor ngelitik padahal yg lain normal BERARTI suhu mesin sangat tinggi saat putaran atas, maka main jet minta naik.

* Motor Brebet di putaran atas saja berarti main jet minta turun
dll

Kesimpulannya, jika motor Brebet di putaran atas berarti main jet harus turun, jika motor suhunya tinggi di putaran atas berarti main jet minta naik.

  1. thanks bgt ya mas, infonya berguna bgt buat bikin laporan PKL,😀..

    • hendi saputra
    • Desember 6th, 2012

    gan kalo gas nya di tarik tapi tarikan gasnya putus putus berarti itu apa yg salah?
    tolong komfirmasinya ya gan ane ada mtr supra fiit tarikan gasnya putus putus…

    • coba bersihin dulu karburatornya, kalo masih tetep, coba cek barangkali ada kebocoran di intake manifold / gasket di karbu

    • yoga
    • Februari 27th, 2013

    thanks mas infonya kbetulan mtor sya sdang ngalamin gangguan karbu…

    • adnan
    • Juli 1st, 2013

    klo gas ditarik pada putaran atas n pada saat gas ditarik hampir full, motor tiba2 kehilangan tenaga alias kosong, malah motor terasa mundur. tp kalo diurut tenaga motor naik terus

    • itu mah setelannya kebasahan mas, main jet nya terlalu besar, coba turunin 1 step dulu main jet nya lalu seting anginnya lagu, kalau masih kerasa brebet turunin lagi main jetnya

  2. permasalahan motor kurang power, padahal digas full suara mesin terdengar normal…dan ada sedikit suara klep….apa harus disetting klep atau apa yah..mohon bantuanya tks

    • ilham
    • Januari 4th, 2016

    sy mau tanya kalo gas di tarik setengah lalu tiba2 langsung mati, itu knp yacht?

    tks

    • Kalau kaya gitu biasanya bensin kebanyakan / bensin tidak terbakar. bisa jadi dari komponen pengapian kurang bagus, cek busi, koill dan cdi nya. kemungkinan juga dari karburatornya, bisa terjadi campuran bahan bakar & bensin yang tidak sesuai kebutuhan mesin / saluran nozzle pada karburator sudah aus.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: