sebenarnya harga honda pcx rp32 juta itu mahal ato gak sih ??? berikut uraiannya dari penulis

Akhir2 ini banyak blog, forum, milis dsb yang rame membicarakan hadirnya Honda PCX yang diimpor CBU oleh PT. Astra Honda Motor (AHM). Desainnya yang oke punya & fitur yang diusungnya membuat skutik premium ini mendapat acungan jempol dari pemerhati otomotif khususnya kalangan bikers. Akan tetapi skutik yang dibanderol Rp32 juta ini dianggap kelewat mahal oleh kebanyakan orang. Nah kali ini penulis mencoba mengulas apakah skutik ini dijual masuk kategori wajar ato kelewat mahal. Kalo ada tanggapan, monggo share disini.

honda pcx

1. CBU, sudah pasti produk yang diimpor dari negara lain dalam keadaan utuh akan dikenakan pajak yang tinggi.
2. Fitur2 yang diusungnya cukup canggih, hampir semua orang pasti setuju. Berpendingin radiator, injeksi (PGM-FI = Programmable Fuel Injection), rem CBS (Combi Brake System) seperti Honda Vario CBS Techno hingga fitur Idling Stop System dimana mesin akan berhenti sejenak dalam waktu beberapa saat, untuk menghidupkannya lagi tinggal putar gas. Semakin canggih motornya akan berpengaruh ke harga jual.
3. Honda PCX adalah produk global. Yang namanya produk global artinya produk tersebut banyak dijual di negara2 lain. Supaya bisa masuk ke negara2 lain tentu ada persyartan2 yang harus dipenuhi. Salah satu persyaratannya yaitu aturan ketat dalam hal emisi gas buang. Negara2 maju di Eropa seperti Inggris, Jepang & sebagian negara bagian Amerika Serikat sangat ketat untuk urusan yang satu ini. Dengan aturan yang sangat ketat tersebut maka tak heran jika PCX ini dilengkapi sistem injeksi PGM-FI (Programmable Fuel Injection) plus catalytic converter yang mumpuni. Otak komputer ECU-nya juga canggih, sehingga tak heran jika skutik ini diklaim sudah lolos Euro 4 !!! Jangan disamakan dengan injeksinya motor yang beredar disini kayak Vixion ato SupraX125, penulis jamin jauh lebih modern punyanya PCX Untuk membuat motor ramah lingkungan tentu membutuhkan riset yang lebih dalam sehingga ujung2nya akan berpengaruh juga ke harga motor.
4. Dengan harga di kisaran Rp30 juta-an, Honda PCX diadu dengan Honda CBR150 (Rp32 juta), Kawasaki Ninja 150RR (Rp31,5 juta) & Yamaha R15 (Rp38 juta) ??? kenceng, canggih belum lagi R15 yang sudah injeksi tapi…..apakah motor2 sport tsb bisa dijual di negara lain ??? belum tentu. Disini emisi gas buang memegang peranan penting sekali.

Nah setelah membaca uraian di atas, dengan kecanggihan teknologinya & jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan motor2 yang ada disini, apakah Honda PCX wajar dijual Rp32 juta ??? bagaimana menurut bro2 semua ???

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: