Tips Cara Setting Karburator

Peranti yang 1 ini sangatlah vital karena merupakan salah satu bertugas menghasilkan tenaga dari motor tersebut, salah penanganan maka akan sangat berdampak pada performa motor tersebut. Di posting saya kali ini akan berbagi tips cara mensetting karbu yang benar.

Image
Pertama putar baut langsam menggunakan obeng pada karbu ke arah kanan hingga idle motor terasa tinggi, kencangkan/putar ke arah kanan baut setelan angin hingga mentok tarik sekali gas (geber maksudnye) setelah itu kendorkan baut setelan angin perlahan sambil dirasakan (pake feeling gitu) mesin meraung paling konsisten artinya tidak brebet atau nembak2 geber sekali selesai deh

. Untuk mengecek beneratau gaknya setelan bro bisa ngecek lewat keadaan ujung busi kalo item berarti setelan angin kurang dibuka (boros), jika putih pucat berarti setelan terlalu terbuka (keiritan saking pelitnya), warna merah bata pada busi adalah kondisi setelan pas.

Tambahan dari saya kalo setting karbu motor sebaiknya jangan tahan gas pake tangan, apalagi biasanya nyettingnya sambil digeber-geber selesai setting tambah juga digeber2 itu namanya pemerkosaan terhadap mesin. Kalo sayang ama motor kita gak perlu lakukan hal seperti itu,perlu diingat mesin motor baik konvesional maupun beradiator sangat bergantung pendinginan pada hembusan angin pada waktu melaju, tidak seperti mobil yang memiliki ekstra fan pada radiatornya jadi baik diem atau jalan mobil sich cool2 aja. Lama kelamaan komponen mesin cepet aus walaupun tidak terasa dalam jangka waktu pendek, dari pabrikan juga menganjurkan pemanasan motor pada pagi hari tidak lebih dari 2 menit.Yang lebih jengkelkan lagi kalo servis di bengkel waktu nyetting digeber2 bikin naek darah, kan ntuh mekanikkan gak ngerasain beli ntuh motor jadi mana peduli doi.

Sekian posting dari saya semoga bisa membantu ditunggu masukan dan pertanyaan seputar motor, salam peace dan first safety riding.

About these ads
  1. Aku cuman pingn tau gimana cara nya nambh cc mtr prima

  2. motor saya shogun axelo125.klw dibawa jalan tibatiba seperti mau mati itu klw rpm rendah,dirpm tinggi sprtinya ngak ada masalah.terasanya klw lambat ada kita jalan sprti dijalan rusak saja.thanks solusinya

    • mungkin setelan putaran stasionaernya terlalu kecil, coba diperbesar. kalau masih ada masalah bisa juga karena pilot jet dan nosel utama tersumbat kotoran, coba bersihin karburatornya

    • Medion
    • Maret 3rd, 2013

    saya punya beat masih baru tp start pertamanya ko lambatya gmna tuh solusinya, ???

    • lambatnya kaya gimana mas? apakah mbrebet ? tenaga kurang ? soalnya kalau kata saya beat standar startnya termasuk lumayan cepat kalau di banding mio standar

  3. sya ingin tw bgaimana cra mnambah cc pd mtr supra x,dgn tnpa d boure up

    • kalau nga di bore up jalan satu2 nya stroke up (menaikkan panjang langkah pada silinder motor)

  4. sory gan w mau nanya nih,,,motor w beat kenapa pas di gas itu ga langsung narik ngeden dlu gtu,,,trus kenalpot habis kenceng di kendorin nembak2….

  5. Kalau di setting ap akan bertambah kencang

    • bertambah tp ngak akan kerasa signifikan, tp kalau udh di setting kan campuran bahan bakar + udara nya pas, jd pembakarannya sempurna, tenaga keluarnya maksimal & bahan bakar akan irit krn ga usah bka gas dalem2 buat jalanin tu motor

    • eko prasetyo
    • September 18th, 2013

    Motor saya beat ’10
    Habis servis dari bengkel jd ga enak,kalo dipake ±jarak 5km/mesin udh panas pas los gas trs di gas lg kok rasanya kaya bensinya telat alias Ъќ>:/ lari malah kaya di rem,di gas pol apa lg,sama aja Ъќ>:/ mau lari.
    Masalahnya pada apanya Ўɑaª˚˚ªa mas?
    Terimakasih

    • kayanya klo itu dari setelan angin di karbu nya bro… klo gas nya di tutup suka bunyi meletup ga?

    • itu biasanya pada setelan karburatornya mas, sekrup campuran bahan bakar dan udaranya di perbesar mas

    • jaka
    • November 16th, 2013

    sory brow gue mau nanya mtor gue kan honda astrea , pengen bnget cara nyetel karburator biar tambah performanya

    • motornya msh standaran ga?? klo masih standar setel ulang setelan anginnya aja, caranya udh ane tulis di artikel ane gan..

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: