Aneka Glasswool (Peredam Suara Knalpot)

Untuk dongkrak performa
motor harian, pilihannya ganti
knalpot racing atau bobok
jeroan knalpot standar.
Keduanya sama-sama meracik
pipa pelepas gas buang hingga
memiliki dimensi lebih besar.
Terutama tabung silencer yang
berfungsi mengatur turbulensi
gas buang.Namun kiat ganti
knalpot racing atau belek alias
bobok pipa buang ada
konsekuensinya. Suara yang
dihasilkan pasti lebih keras juga
berisik daripada yang versi
standar. Sehingga butuh peranti
tambahan berupa peredam agar
nadanya tidak sumbang atau
fals. Ini bikin berisik.

“Knalpot racing harian yang ada
di pasaran biasanya sudah
dilengkapi peredam di dalam
silencernya. Sama seperti motor
harian. Cuma kepadatan serat
peredam dan material yang
dipakai di dalam knalpot racing
nggak tahu pasti. Makanya ada
knalpot racing bersuara merdu,
ngebas juga cempreng,” beber
Harry Noprian, mekanik Harry
Motor HMTC di Jl. H. Naman,
Pondok Kelapa IIB, Jakarta
Timur.

Ditambahkan Harry, rata-rata
knalpot 4 -tak model standar,
racing atau bobokan memiliki
suhu lebih panas. Wajar saja
kalau busa peredam yang ada di
dalam silencer gampang
terbakar. Selain itu juga, ada
juga yang terlepas
keluar.Berbeda bila pasang busa
peredam di dalam knalpot mesin
2-tak. Peranti ini lebih tahan
lama dan tidak mudah terbakar
karena ada pelumas hasil dari
sisa gas buang yang
dikeluarkan. Makanya begitu
busa peredam mesin 4-tak mulai
tipis, biasanya bersuara lebih
keras dan tidak enak didengar.

Lain lagi knalpot bobokan yang
terpaksa harus menambah
peredam. Pasalnya sekat dan
pipa di dalam silencer asli sudah
dibikin renggang atau dipisah,
dengan maksud agar turbulensi
baru dapat meningkatkan
performa motor. Dan biar nggak
bising, di dalam juga sudah
diselipkan busa atau serat
khusus yang berfungsi sebagai
peredam suara.

Orang gampang menyebut busa
peredam dengan nama
glasswool walaupun yang
beredar di pasaran, tipe dan
harganya beraneka ragam. Dari
benderrol murah sampai mahal
banyak tersedia di toko
onderdil, dengan konsekuensi
daya tahan dari peranti
peredam suara itu.

“Paling murah dan mudah
didapat glasswool. Serat
peredam ini ada yang berwarna
kuning juga putih. Dengan harga
kisaran Rp 3.000 sampai 5.000
per pack,” lanjut Harry yang
biasa meracik motor balap dan
racing harian.

Hanya saja saat menerapkan
glasswool model ini di knalpot
dibutuhkan kehati-hatian.
Pasalnya pecahan serbuk dari
serat nggak bikin nyaman,
terutama bila nyentuh tangan
atau badan akan timbul gejala
gatal.Tapi kalau mau aman dan
tidak bikin sesak ketika tidak
sengaja terisap paru-paru. Di
pasaran juga tersedia produk
aftermarket yang dilego sekitar
Rp 15-25 ribuan per pack. Ada
merek Daytona, MCC dan
lainnya. Kelebihannya juga tidak
mudah terbakar bila suhu mulai
panas.

Selain glasswool, pilihan lain busa
peredam juga bisa
memanfaatkan lembaran serat
kaca bahan untuk bikin
fiberglass. “Serat kaca yang
dijual lebih mahal dari glasswool,
yaitu seharga Rp 9.000 per/kg
juga tidak bikin nyaman,” timpal
Kunto Hayadi, mekanik HKR
Custom.Namun keunggulan dari
serat kaca lebih tahan lama dari
glasswool yang kebanyakan
dipakai sama pemilik motor bila
dipasang lebih rapat. Pasalnya
serat kaca lebih tahan panas,
meskipun kekurangan dari serat
ini serbuknya gampang
terbuang bila mesin sering
digeber.Pilihan lain dari peredam
suara knalpot, Kunto biasanya
memanfaatkan steelwool atau
serat besi yang dibikin
bergumpal-gumpal. Sekilas
bentuknya mirip alat pencuci
piring dari bahan serat stainles
steel.

Cuma sayangnya produk
seharga Rp 35 ribuan ini
termasuk masih sulit didapat
lantaran hanya ada di toko
tertentu. Bahkan ketebalan
steelwool yang dijual pun punya
ukuran. Ada yang versi halus,
juga ada yang kasar.

“Kelebihan serat besi ini selain
dapat meredam suara juga
tidak mudah abis terbakar atau
terbuang keluar. Kalau dipakai,
juga bisa tahan tiga kali lipat
dari glasswool. Kelemahannya
cuma kalau dipasang terlalu
lama di dalam silincer dan tidak
diganti, kemungkinan akan
muncul karat. Tapi bisa
dipastikan tidak bakal habis,”
imbuh Kunto yang buka gerai di
Jl. Cipete Dalam II, No. 18,
Jakarta Selatan.

BISA MEREDAM PANAS

Tugas utama busa peredam
atau umum disebut glasswool
memang untuk meredam suara
hasil pembakaran. Namun
tingkat kebisingannya sangat
tergantung dari ketebalan,
kerapatan dan daya tahan dari
material busa peredam itu.

Oleh sebab itu, glasswol yang
memiliki material lebih bagus dan
tahan lama biasanya memiliki
kelebihan daripada busa
peredam model biasa. Yang pasti
suara juga tidak bising. Lalu
dengan metarial lebih bangus,
biasanya bagian luar dan dalam
pelat silencer knalpot jadi tidak
mudah panas.

“Sebab kalau panas berlebihan,
kemungkinan akan mengganggu
kostruksinya akibat terjadi
pemuaian. Dan bila memuai,
kemungkinan besar akan
mempengaruhi turbulensi di
dalam perut knalpot,” beber
Nurdin Fajar Hidayat alias Udin,
mekanik Elza Motor di Jl. Lebak
Bulus Raya No. 111, Lebak Bulus,
Jakarta Selatan, yang sering
dapat order bobok knalpot.

AWET PAKAI KARBON KEVLAR

Dari semua produk busa
peredam atau glasswool yang
ada di pasaran, rata-rata
memang masih memiliki
kekurangan. Di antaranya masih
ada yang mudah terbakar,
tidak nyaman dipakai, mudah
terlepas dari pipa selongsong
sampai timbul karat bila
menggunakan material besi.

Tapi, kalau enggak mau repot
gonta-ganti glasswool atau mau
pakai sepanjang masa, Kunto
Hayadi mekanik HKR Custom di
Cipete Dalam II, Jakarta Selatan,
menyarakan untuk memakai
bahan serat karbon kevlar atau
serat kaca halus yang sudah
dianyam rapi dan rapat.

Kata Kunto lagi, keunggulan
peredam model ini celahnya lebih
rapat, tidak mudah terbakar.
Juga mampu meredam panas
tinggi, tidak mudah lepas dari
sangkar apalagi kena serang
karat. “Cuma memang harganya
lebih mahal dari yang biasa
lantaran dijual per lembar,”
tegas Kunto.

About these ads
    • faliq hamzah
    • November 1st, 2012

    pake sabut kelapa bro,pernah ane terapkan di f1zr…lumayan ngeredam suara…

    • bisa juga tuh kalau lagi ga ada dana, tapi gimana tuh sabut kelapanya gampang kebakar ga?

    • bojeng
    • Mei 25th, 2013

    dimana saya bisa pesan peredam itu gann..yang terbuat dari serat kaca ..

    • coba cari di bengkel besar gan, kalo ga ada bisa beli di bengkel yang biasanya buat fairing dari fiberglass

  1. Undeniably believe that which you stated.
    Your favourite reason seemed to be on the web the easiest thing to keep in mind
    of. I say to you, I definitely get annoyed while folks consider worries that
    they plainly do not know about. You controlled
    to hit the nail upon the highest as neatly as defined out the whole thing with no need side-effects
    , other folks could take a signal. Will likely be
    back to get more. Thank you

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: